Kamis, 08 Maret 2018

Arti dan makna doa ayat Allahumma Yassir Wala Tu'assir

Allahumma Yassir Walaa Tu'assir. Ayat ini seringkali kita dengar dalam setiap doa yang beredar di Sosial Media seperi Facebook,  Twitter dan Instagram. Tahukah kamu, apa arti dan makna doa itu?

Berikut ini arti dan makna doa ayat Allahumma Yassir Wala Tu'assir yang mestinya dilanjutkan dengan ayat: "rabbi tammim bilkhoir. birokhmatikaya."

Manusia hidup di dunia untuk menjalankan tugas mulia sebagai seorang khalifah. Puncak akhir dari sebuah perjalanan itu, manusia akan bertemu dengan Tuhannya. Namun, kehidupan ini seringkali manusia dirundung masalah, problem, dan duka derita. 

Kesulitan-kesulitan hidup sudah pasti akan merintangi manusia dalam menjalankan kehidupan di dunia.

Mulai dari masalah percintaan atau asmara, rejeki atau pekerjaan, bisnis, permasalahan rumah tangga, hutang piutang, dan sejuta masalah lainnya.

Karena itu, manusia diminta untuk berdoa dan ingat kepada Allah sebagai tumpuan untuk meminta.

Ayat inilah yang bisa dijadikan sebagai rujukan untuk berdoa kepada Allah agar kesulitan dan halangan yang merintang bisa dimudahkan oleh Allah.

Allahumma yassir walaa tu'assir artinya adalah "Ya Allah, permudahkanlah urusanku dan janganlah Engkau persulit."

Dengan doa yang sungguh-sungguh dari hati yang paling dalam (bukan sekadar ucapan), niscaya Allah akan hadir untuk kamu dan mengabulkan doamu.

Maksud atau makna dari ayat ini, supaya Allah membukakan pintu kemudahan dan menutup pintu kesulitan dari setiap permasalahan yang merundung kehidupan kita.

Bagaimana dengan maksud rabbi yassir wala tu'assir maksud? Artinya sama. Rabbi artinya Ya Tuhan, sedangkan Allahuma artinya Ya Allah. Kita boleh saja menggunakan kata "ya rabbi", selama hati kita tertuju pada Allah sebagai Tuhan kita.

Demikian ulasan artikel seputar arti, makna dan maksud doa ayat allahumma yassir wala tu'assir. Jadikan ayat ini sebagai kalimat saat kamu dirundung masalah yang begitu sulit. Semoga bermanfaat.

Dikutif dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

You might also like:

Suzuki Ertiga Digadang-gadang Berubah Total, Termasuk Mesin?